Apa hal penting yang paling banyak tidak dimiliki oleh para pebisnis pemula? Kesabaran. kebanyakan mereka kurang memahami bahwa memperkenalkan produk baru agar diserap ke pasar kemudian dikenal oleh pelanggan butuh waktu. Anda sebagai pemilik produk tentu telah paham sepenuhnya fungsi dan manfaat produk tersebut, tapi tidak demikian dengan calon pelanggan. Anda tidak dapat memaksa mereka untuk langsung tertarik dengan produk yang anda jual sesuai dengan keinginan anda. Justru sebaliknya yang harus dilakukan adalah mencoba mengikuti kemana arah perkembangan pasar, sabar menunggu momen yang tepat baru kemudian menarik minat pelanggan agar berpaling untuk menggunakan kepada produk anda.
Kebanyakan pengusaha yang gagal adalah mereka yang kurang sabar dalam menunggu momentum tersebut terjadi. Target-target penjualan jangka pendek yang tidak terpenuhi dan strategi pemasaran yang dirasakan tidak efektif membuat mereka patah semangat dan akhirnya kehilangan semangat dan optimisme, padahal belum tentu pemikiran tersebut sebagai penyebab belum diraihnya keuntungan. Seperti yang dikutip dari artikel pada entrepreneur.com, sebuah produk baru diperkirakan membutuhkan waktu paling tidak 3 tahun sebelum meresap ke pasar dan mulai menghasilkan profit dengan lancar.
Jadi, apapun bentuk usaha dan jasa yang akan anda jual pasti akan membutuhkan waktu yang dinamakan “Periode Sabar”, justru dalam “Periode Sabar” tersebut berjalan proses yang akan menentukan suksesnya usaha anda kedepan. Lalu apa saja hal penting dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dalam periode tersebut? Berikut ulasannya:
- Menjadi Ahli dan Menguasai Produk SepenuhnyaMenguasai produk yang dijual tidak sekedar hafal fungsi dan manfaatnya saja, kalau untuk sekedar menjelaskan fungsi dan manfaat mungkin hanya butuh beberapa hari untuk menghafal. Yang lebih penting adalah menjiwai dan dipercaya. Bila produk telah menyatu dalam diri anda, ibarat dokter yang telah berpengalaman, anda akan langsung tahu bagian mana yang rusak dan harus diperbaiki dengan sedikit sentuhan saja. Bila Pelanggan telah puas dan percaya sepenuhnya, maka mereka akan menurut kepada anda. Saat masih belum memiliki banyak pelanggan adalah waktu yang tepat untuk menguasai seluk beluk produk dan lebih menyempurnakannya.
- Menemukan Strategi Pemasaran Yang TepatCara pemasaran apa yang tepat untuk produk anda? Anda akan menemukan sendiri teknik yang tepat untuk produk anda seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman yang anda dapatkan.Sebagai gambaran, anda akan bisa menebak dengan mudah seorang marketing asuransi pemula atau berpengalaman, dari caranya menawarkan produk.Seorang yang telah berpengalaman dalam bidangnya akan menemukan strategi pemasarannya sendiri, misalnya dimulai dengan teknik pendekatan personal kepada calon klien, analisa kebutuhannya baru kemudian membantu memberi solusi, berbeda dengan seorang pemula yang sekedar memberi penawaran secara frontal. Pada keadaan ini anda dapat memiliki waktu untuk memilah-milah mana cara pemasaran yang efektif dan mana yang tidak, berdasarkan berdasarkan pengalaman yang telah dilalui.
- Menemukan Posisi Strategis Usaha AndaMungkin ide awal usaha anda hanyalah membuka usaha warung makan bebek goreng, misalnya. Namun dalam perjalanan usaha sering terkendala dengan minimnya suplai daging bebek. Dari bincang-bincang dengan pelanggan setia, terjadilah deal usaha kerjasama ternak bebek dengan target dapat menyuplai usaha warung makan anda dan warung-warung lain, maka secara tidak langsung anda membuat usaha warung kedepannya makin lancar dan bonus mendapatkan bisnisan baru yang masih saling berkaitan. Belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain dalam perjalanan usahanya, sering sekali jalinan bisnis diantara mereka terjadi berawal dari sebuah pertemanan, langsung action dan tidak direncanakan jauh hari sebelumnya.
Itulah 3 hal penting dalam “periode Sabar” yang harus dilakukan, karena saat itu sedang berlangsung proses menuju pendewasaan bisnis anda, awal-awal menjalankan usaha adalah masa yang paling sulit dan penuh dengan tantangan, termasuk juga munculnya biaya-biaya yang timbul diluar perkiraan. Namun bila anda sabar, tetap fokus, evaluasi, perbaikan – perbaikan dan inovasi baru niscaya anda nanti akan menemukan jalannya. (Harry ~ wartawirausaha.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar