Senin, 12 Juni 2017

Shalat

Apakah shalat itu?

Shalat menurut bahasa adalah: [ الدعاء ] doa atau [ الدعاء بخير ]doa untuk kebaikan.
Sedangkan menurut istilah syariat Islam adalah:
Ucapan dan perbuatan khusus, diawali dengan Takbir dan ditutup dengan Salam.
Dalil yang mewajibkan shalat.

Dari al-Qur’an:

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus”. (Qs. al-Bayyinah [98]: 5).

“..., maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, Maka Dialah Sebaik-baik pelindung dan sebaik- baik penolong”. (Qs. Al-Hajj [22]: 78).
Dan banyak ayat-ayat lainnya.

Dalil hadits Rasulullah Saw:

Dari Abdullah bin Umar, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Agama Islam itu dibangun atas lima
perkara: agar mentauhidkan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan puasa
Ramadhan dan melaksanakan ibadah haji”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Jumat, 15 Agustus 2014

Perbedaan Shutdown, Restart, Hibernate, Standby dan Log Off

Komputer sudah bukan barang aneh bagi masyarakat modern saat ini. Mengoperasikannya pun sudah tidak sulit, tinggal menekan tombol power, otomatis komputer akan menyala. Begitu juga cara mematikannya, tinggal kita pilih tombol shutdown, otomatis sistem komputer akan mati. Tetapi sadarkah Anda bahwa dalam mematikan komputer, kita dihadapkan pada beberapa pilihan seperti shut down, log off, restart, sleep dan hibernate? Taukah Anda perbedaan pada masing-masing opsi tersebut? Berikut ini Teknopedia akan mencoba menjelaskan perbedaan dari masing-masing pilihan tersebut.
shutdownSHUTDOWN
Pilihan yang satu ini sudah menjadi default jika kita menginginkan untuk mematikan komputer. Perintah ini memerintahkan semua komponen komputer untuk di-nonaktifkan, baik itu RAM, hardisk, prosesor dll, yang otomatis akan memutuskan aliran listriknya. Pada kondisi yang demikian, memori RAM kosong sehingga saat dinyalakan kembali butuh waktu cukup lama untuk booting.
RESTART
Proses pada opsi restart hampir sama dengan shutdown bedanya setelah sistem berhenti/mati, komputer akan otomatis reboot dan mengulang pada sistem awal
HIBERNATE
Pada dasarnya hibernate hampir sama dengan shutdown, bedanya pada saat dimatikan (mengosongkan memori RAM), isi dari RAM disalin kedalam hardisk terlebih dahulu sehingga saat dihidupkan kembali, proses booting tidak terlalu lama. Sebagai contoh kasus, semisal Anda telah membuka beberapa aplikasi kemudian Anda berniat meng-hibernate komputer Anda. Beberapa saat kemudian Anda berniat menghidupkan kembali komputer Anda, maka saat komputer kembali menyala, aplikasi-aplikasi tersebut masih terbuka dan data-data didalamnya tidak hilang.
“Fitur HIBERNATE cocok difungsikan jika Anda akan meninggalkan komputer dalam waktu yang agak lama”
STANDBY
Mungkin opsi ini sedikit membingungkan Anda untuk membedakannya dengan hibernate. Disini kondisi hampir sama, yaitu saat komputer hidup kembali, data-data dan aplikasi masih seperti sedia kala. Terus apa yang membedakannya dengan hibernate? Pada proses standby aliran listrik masih berjalan untuk memberi daya pada RAM, sedangkan pada opsi hibernate aliran listrik benar-benar berhenti. Proses reboot pada modus standby lebih cepat daripada hibernate karena memori RAM masih mendapat daya listrik.
“Kondisi Standby diperuntukkan bagi Anda yang ingin meninggalkan komputer dalam waktu singkat”
LOG OFF
Opsi ini tidak mengalami pemutusan listrik maupun pemindahan memori, modus log off difungsikan jika kita hendak pindah atau mengganti account user.

Jumat, 20 Juni 2014

SETTING MIKROTIK FIREWALL DENGAN DMZ MELALUI WINBOXSETTING MIKROTIK FIREWALL DENGAN DMZ MELALUI WINBOX


LANGKAH PERCOBAAN :
1.      Buka winbox , tunggu hingga alamat mikrotik yang dihubungkan dengan computer muncul kemudian connect.
  

2.      Hasil connect menunjukan R adalah interfaces(Ethernet) yang sedang digunakan (disambungkan) dengan penjelasan sebagai berikut :
  

3.      Lakukan pengaturan jam dari mikrotik di system -> clock
  

4.      Untuk mengecek secara langsung melalui terminal interface yang sedang digunakan  menggunakan interface> print
  

5.      Setting IP untuk local danDMZ dengan memilih IP -> address, sebagai berikut.
  

6.      Lakukan setting dhcp client agar mendapatkan IP public. Yaitu untuk interfaces ether5
  

Yang menghasilkan IP 10.252.108.139/24
  

7.      Lakukan pen-settingan firewall yaitu menggunakan NAT (Network Access Translator). Nat merupakan perpaduan antar router dan firewall.
Pertama kita lakukan setting source NAT (src-nat). Tipe Source NAT melakukan pengubahan IP address (alamat asal) dari mana koneksi terjadi. Sehingga dilakukan setelah routing, sebelum paket keluar ke jaringan. Jadi kita set alamat IP dari jaringan local 192.108.2.0 akan di rubah menjadi alamat IP pubic (10.252.108.0) ketika mencapai jaringan luar.
















Dan kemudian kita lakukan setting kedua yaitu destination NAT (dst-nat). Tipe destination NAT akan mengubah alamat tujuan dari paket pertama ke IP address yang lain sehingga kita merubah ke mana komunikasi terjadi. Destination NAT selalu dilakukan sebelum routing, ketika paket masuk dari jaringan. Sehingga jaringan luar tidak mengetahui sebenarnya ke IP mana mereka diarahkan. Jadi untuk setting dst-nat untuk setiap alamt yang dituju yaitu 10.252.108.0 akan diarahkan menuju jaringan local 192.168.2.0
  

  

Berikut hasil setting firewall NAT
  

Kemudian set IP address dari computer server menjadi satu jaringan dengan DMZ yaitu seperti print out dibawah ini.
  


8.      Kemudian lakukan setting dhcp-server melalu terminal dengan command ip dhcp-server setup seperti print out di bawah ini :
  

9.      Setelah berhasil lakukan pengecekan ping pada jaringan kita sendiri yaitu DMZ dan local bila pengesetan percobaan sebelumnya berhasil dengan baik maka hasilnya semua paket akan terkirim (berhasil melakukan ping). Seperti printout dibawah ini.
  

Tidak berhasil melakukan ping ke router.
  

10.  Untuk dapat melakukan akses ke router add gateway terlebih dahulu dengan command
  

11.  Kemudian lakukan setting pada dns. Dengan command berikut ini :
  

12.  Kemudian lakukan setting masquerade untuk firewall di NAT. Masquerade merupakan turunan dari src-nat yang pengaplikasianya tidak memerlukan IP hanya butuh port yang di tuju saja. Jadi kerjanya seperti src-nat tapi hanya menggunakan single IP public address tidak seperti src-nat biasa.
  

13.  Lakukan ping ke pada router yaitu 10.252.108.1 untuk mengecek apakah kita sudah bias terhubung ke router? Bila berhasil maka computer client sudah dapat mengakses  computer server
  

14.  Di client-side kita cek IP nya.
  

15.  Lakukan pengecekan apakah client dapat melakukan ping ke router, computer server bila berhasil maka client juga dapat melakukan ping ke web eepis. Dan dapat mengakses internet tanpa menggunakan lan pens.
Berhasil melakukan ping ke router.
  

Berhasil melakukan ping ke computer server.
  

Berhasil melakukan ping ke website eepis-its.edu (website kampus tercinta) :D
  

16.  Lakukan checking koneksi dengan mengakses website kampus (eepis) melalui browser.
  

17.  Masquerade berhasil dijalankan. Lakukan pengecekan komputer server dengan mengakses IPnya 10.252.108.139
  

18.  Melakukan percobaan port forwading. Port forwading merupakan turunan dari dst-nat sehingga kerjanya sama dengan dst-nat tetapi yang digunakan hanyalah single IP private saja berbeda dengan dst-nat biasa yang dapat menggunakan 1 pull IP private.
Caranya dengan command di bawah ini :  
  

19.  Karena IP yang menuju computer server yakni IP 10.252.108.139 dengan port:80 akan di belokkan ke IP private 192.168.1.2 maka kita kembali ke computer server dan melakukan pengesetan IP dengan command # gedit /etc/network/interfaces dengan isi seperti dibawah ini :
  

20.  Maka yang tampil nantinya ketika client mengakses IP server maka akan dibelokkan ke IP computer dan menampilkan index.html di dalam /var/www maka kita lakukan pengeditan file index.html seperti berikut ini, jangan lupa instal apache terlebih dahulu :

21.  Sehingga tampilan di client ketika mengakses 10.252.108.139 akan di belokkan dan menampilkan index.html yang kita edit sebelumnya dan tidak menampilkan webfig lagi (default tampilan mikrotik). Dan bila port forwarding berhasil maka tampilan seperti di bawah ini :

Kamis, 05 Juni 2014

Hello Zello, Berkomunikasi Menjadi Mudah dan Murah


zello-walkie-talkie-01
Komunikasi dalam menjalankan usaha atau bisnis adalah hal penting. Kesalahan sedikit saja dalam berkomunikasi ketika berbisnis akan memberikan dampak yang fatal bagi bisnis. Oleh karena itu wirausaha, pengusaha, pekerja memerlukan alat serta aplikasi yang dapat menunjang kinerja mereka di dalam bisnis.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu aplikasi yang sedang populer di Indonesia dan dunia, yaitu Zello. Zello merupakan aplikasi Push To Talk/PTT/Voice Messaging/Voice Text buatan dari Zello Inc. (berdiri pada tahun 2007). Zello merupakan aplikasi yang mengacu kepada radio komunikasi  dua arah (walkie – talkie). Zello menggunakan jaringan internet yang menggantikan sistem antena pada walkie – talkie , sehingga Zello dapat diakses di seluruh dunia. Tentunya seluruh dunia yang terdapat fasilitas internet.
Awal mulanya aplikasi ini bernama Loudtalks dan sudah dikembangkan oleh pembuatnya Alexey Gavrilov dari tahun 2003. Dia adalah nyawa dari aplikasi Zello. Pada tahun 2012 Loudtalks berubah nama menjadi Zello. Perubahan nama ini dikarenakan masuknya Bill Moore ke dalam tim yang berpikir nama Loudtalks tidak menjual ketika perusahaan ingin menjadi besar (Bill Moore merupakan pembuat sekaligus rekan kerja Alexey Gavrilov di TuneIn). Nama Zello dipilih melalui kontes senilai $400 (empat ratus dollar) di Crowdspring.com. Zello dipilih dikarenakan domain untuk website tersedia dan juga mudah disebut dan hampir mirip dengan kata hello.
Zello tersedia untuk Android, Blackberry, Iphone dan Windows PC. Hal ini menjadikan Zello dapat digunakan secara mobile dan oleh perangkat apapun. Percakapan Zello hampir sama cepatnya ketika seseorang berbicara tatap muka dengan orang lainnya dan lebih cepat dari percakapan online manapun. Percakapan melalui Zello  sebelumnya dapat didengarkan kapan pun dengan fitur voice history. Penggunaan Zello sama seperti menggunakan Walkie – Talkie, sehingga mudah untuk digunakan.  Zello tidak memakan kapasitas jumlah memory dan tempat yang banyak di device atau gadget anda. Selain itu, waktu install Zello tidak memakan waktu yang lama. Zello juga tersedia dalam sebelas bahasa. Anda yang hanya bisa bahasa negeri sendiri tidak akan kesulitan dalam menggunakan Zello.
alat-komunikasi-wirausaha
Fitur utama Zello adalah channel. Inilah alasan Zello populer di Indonesia dikarenakan menyerupai Blackberry Group dan Yahoo Messenger, hanya saja komunikasi Zello tidak text seperti Blackberry Group dan tidak delay dalam waktu lama seperti Yahoo Messenger. Channel ini memungkinkan anda dapat berbicara dari mulai  1 – 100 orang di seluruh dunia pada saat yang bersamaan. Anda juga bisa mengatur volume suara pada aplikasi ini. Anda bisa menggunakan perangkat keras, seperti speaker, headset, microphone built in dan lainnya untuk mengatur volume aplikasi ini.

Zello tersedia dalam dua versi, yaitu: versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis membatasi pengguna sampai 10 orang di dalam channel dan tidak diberikan full support ketika menghadapi masalah pada Zello. Versi berbayar dari Zello membatasi pengguna sesuai keingginan pengguna sampai maksimal 100 orang dalam channel  dan tentu saja full support mengatasi masalah anda yang berhubungan dengan Zello.
Harga versi berbayar mulai dari $4-$10/pengguna/bulan. Besarnya biaya yang dikenakan tergantung pesanan dari pengguna. Selain itu, Zello memberikan tarif gratis sampai 5 orang pengguna pada versi berbayar. Murah bukan? Penggunaan Zello disarankan versi berbayar dikarenakan servis yang diberikan, penggunaan yang sesuai keinginan pengguna dan mempertahankan keberadaan Zello sebagai aplikasi yang memudahkan pekerjaan dalam bisnis.
by. wartawirausaha.com

Rabu, 04 Juni 2014

Tempat Yang Ideal Untuk Mendapatkan Inspirasi Bisnis


Rodin Thinker Statue
Mungkin anda salah satu dari sekian banyak orang yang sedang berusaha menemukan bisnis yang cocok untuk dijalankan, duduk di meja kerja ditemani kopi sambil mencoret-coret lembaran kertas dan menuliskan ide-ide yang terlintas di pikiran. Hal yang anda lakukan tidak ada salahnya, hanya saja kurang efektif karena potensi inspirasi yang bisa anda dapatkan akan sangat terbatas pada pikiran dan berdasarkan pada memori saja. Sedangkan untuk bisa mendapatkan banyak inspirasi kita harus mengandalkan seluruh panca indera dan sekaligus berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Walt Disney mendapatkan inspirasi membangun Disneyland yang megah dari acara tamasya keluargaJohnny Andrean pendiri J.co, mendapatkan ide-ide kreatifnya lewat hobinya yaitu travelling. Andika Kairuliawan sukses jadi pengusaha bengkel berawal dari hobi dan mengamati hasil kerja bengkel di lingkungan sekitarnya, Lalu dimanakah tempat yang ideal untuk mendapatkan inspirasi bisnis ?

Berikut adalah tempat yang ideal untuk mendapatkan inspirasi dan ide kreatif berwirausaha:
Di rumah
Amati sekeliling dalam rumah dan sekitarnya, apa yang anda rasa kurang baik, dapat menjadi lebih baik lagi atau yang sering menimbulkan masalah namun jarang dicermati. Misalnya ventilasi udara yang cepat kotor, perabot kamar mandi yang tidak tertata dan kurang enak dilihat, tata letak perabot dapur dll. Bila anda perhatikan hal tersebut di rumah anda, kemungkinan juga pemilik rumah yang lain juga mengalami masalah-masalah yang sama. Dari lingkungan dalam rumah saja sudah banyak hal yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat jasa perbaikan atau service. Belum lagi sekitar pekarangan, misalnya jasa menata kebun, dekorasi taman atau penyedia bibit dan bunga taman.

Di Lingkungan tempat tinggal
Tetangga sekitar anda juga dapat menjadi sumber inspirasi bisnis. Sebagai orang yang tinggal dalam satu lingkungan, tentu anda paham dengan demografi komunitas anda. Misalnya kebanyakan tetangga anda adalah keluarga muda yang sibuk bekerja. Anda bisa mencoba membuka jasa laundry kiloan, jasa renovasi rumah dan instalasi listrik, perbaikan alat rumah tangga dan perangkat elektronik. Atau bila punya keahlian niaga, misalnya membuka toko barang kebutuhan sehari-hari.

Di Tempat Kerja
Bila posisi anda adalah karyawan pada satu perusahaan dan bermaksud mencari bisnis sampingan, anda bisa mencari inspirasi dengan mengamati apa yang rekan-rekan anda butuhkan, dapat juga langsung bertanya kepada teman-teman kantor. Yang telah banyak dilakukan oleh pelaku side-job diantaranya; bisnis-bisnis kecil dari jual pulsa, jual makanan ringan, memiliki online shop tapi sebagian juga ditawarkan kepada rekan kantor, mengajar les anak teman kantor, servis komputer dan perangkat elektronik, hingga berkolaborasi membentuk usaha diluaran dengan modal bersama.

Di Tempat perbelanjaan
Apa inspirasi yang bisa didapat dari supermarket? Bila anda pecinta kuliner atau hobi memasak, dengan melihat bahan-bahan baku yang tersaji disana anda mungkin terpikirkan untuk membuat resep atau meracik makanan yang bisa dijual. Bila memiliki minat dan menjadi pengamat dalam bidang agrobisnis, anda melihat komoditi tertentu yang belum ada di supermarket tersebut dan punya data petani yang memiliki ketersediaan komoditinya, anda mungkin terinspirasi untuk memposisikan diri menjadi penghubung dan penyalur komoditas tertentu ke supermarket tersebut.

Di Sekolah
Bila anda adalah orang tua yang bertugas untuk mengantar anak sekolah, inspirasi bisa muncul saat anda sedang berada di sekolah. Terutama bila anda telah mengenal baik sesama orang tua murid dan guru. Pengadaan alat tulis, kertas, mesin fotokopi, seragam olahraga, seragam guru, kantin, penawaran les privat adalah beberapa petunjuk yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang.

Saat Berlibur
Waktu liburan adalah waktu untuk bersenang-senang, namun ada baiknya juga untuk tetap membuka mata terhadap adanya kemungkinan peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Inspirasi bisnis bisa muncul misalnya saat anda berlibur kesuatu tempat dan menemukan souvenir-souvenir kreasi baru yang bernilai tinggi namun belum terekspos secara luas dan pengrajin memang terkendala karena tidak tahu bagaimana pemasaran. Saat itu anda harus memikirkan untuk mengambil peluang tersebut dan memposisikan diri untuk bekerja sama dalam hal pemasaran.

Itulah beberapa tempat ideal bagi anda untuk menemukan inspirasi dan ide untuk bisnis. Hal penting yang harus diingat adalah apapun ide yang muncul dan kemudian layak diproses menjadi sebuah konsep usaha tentunya harus mengandung nilai jual dan dibutuhkan. (© wartawirausaha.com)

Menyusun Rencana Bisnis Yang Baik #YukAction!


membuat rencana bisnis
Seperti diketahui untuk memulai sebuah usaha diperlukan sebuah rencana bisnis yang matang, anda harus meluangkan waktu untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berhubungan dengan usaha nantinya, mulailah dengan mencatat apa saja yang terlintas di pikiran anda, kemudian cari informasi dan data-data lainnya, apa saja yang harus disertakan dan apa saja yang tak perlu disertakan, bagaimana melengkapi dan dimana anda dapat mendapatkan sumber-sumber informasi untuk menyusun rencana bisnis yang baik.

Ada tujuh komponen dalam menyusun rencana bisnis (Business Plan), semua bagian tersebut penting, saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis. Wartawirausaha kali ini akan membahas secara singkat tentang bagaimana membuat rencana bisnis yang sederhana, tentu konsep ini dapat anda kembangkan sesuai kebutuhan agar dapat menemukan konsep yang paling cocok dan fleksibel. Dalam artikel kedua juga kami sertakan contoh gambaran sederhana menyusun rencana bisnis membuat situs marketplace. Berikut adalah komponen-komponen penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis.
1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

2. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).

3. Analisa Pesaing
Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.

4. Rencana Desain dan Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

7. Kesimpulan Usaha
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.
by. wartawirausaha.com

PILIH WIND OF CHANGE ATAU COMFORT ZONE


comfort zone
Artikel wirausaha kali ini membahas tentang pentingnya melakukan perubahan dalam dunia usaha dan bahaya berada di zona nyaman anda. Ada tiga faktor yang mempengaruhi perubahan dunia saat ini, ketiga faktor tersebut apabila terjadi pada saat yang bersamaan, maka akan mempercepat laju perubahan yang terjadi.

Faktor pertama adalah ledakan informasi dan pengetahuan disetiap sisi kehidupan. Sekeping saja penemuan baru dalam bidang informasi yang terjadi dalam industri yang penuh persaingan, maka akan segera merubah dinamisnya usaha dalam waktu cepat. Produk atau layanan yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia akan terus berkembang dan dikembangkan menjadi sebuah produk baru, yang sama fungsinya, namun dengan hasil dan kualitas yang lebih cepat, lebih baik, lebih murah dan lebih mudah dari produk sebelumnya.
Contoh perubahan besar yang terjadi, misalnya di tahun 1989, saat Uni Soviet pecah, negara tirai besi runtuh dan era perang dingin berakhir. Industri pertahanan di seluruh Amerika sangat terguncang. Ratusan ribu tenaga kerja terlatih dan berpengalaman dirumahkan dan kehilangan pekerjaan secara permanen. Semua bidang industri terkena imbasnya, meluas ke penjuru dan efeknya dunia menuju ke jurang resesi. Efek dari perubahan ini sangat luar biasa dan tak dapat dihindari. Hanya mereka yang fleksibel saja yang bisa langsung bereaksi dan merespon efek perubahan tersebut. Bagaimana seandainya informasi pecahnya negara Uni Soviet dideteksi sejak dini oleh pelaku dunia industri? Tentu jauh hari sebelumnya mereka akan membuat langkah-langkah antisipatif dengan melakukan perubahan.
Terbukalah pada informasi baru
Untuk menerima perubahan anda harus fleksibel, agar fleksibel, anda harus tetap terbuka, siap menerima ide, informasi dan pengetahuan baru yang dapat membantu atau malah berpeluang mengancam bisnis dan membahayakan tujuan usaha anda. Sebuah ide kecil yang ditemukan di ujung benua lain yang lepas dari pengamatan, mungkin bisa berakibat mematikan masa depan bisnis, misalnya, ditemukan produk baru yang lebih unggul dan semua konsumen beralih kepada produk tersebut, sedangkan anda terlanjur menginvestasikan semua uang kedalam produk yang sudah tak terpakai.
Dengan penemuan sebuah ide kecil yang informasinya berhasil anda tangkap, bisa merupakan langkah awal anda menuju jalan kesuksesan. Dengan satu keping kecil informasi yang didapat, anda dapat segera melakukan perubahan dan menyesuaikan diri dengan arah perkembangan yang sedang terjadi. Pengusaha tanpa dukungan informasi seolah telah menempatkan bisnisnya diujung tanduk.
Semua pemimpin wajib menjadi pendengar dan pembaca yang baik. Sangat penting untuk memahami posisi tersebut dan paham apa saja yang harus dilakukan. Selalu up-to-date dengan berita-berita terbaru, terutama yang berkaitan dengan bisnis anda. Baca majalah, koran, hadiri seminar dan konferensi. Bergabung dalam dalam asosiasi atau komunitas bisnis yang dijalankan dan berinteraksi dengan orang-orang didalamnya untuk sharing dan berbagi informasi dan peluang usaha terbaru. Karena kemajuan selalu berpihak kepada orang yang memiliki informasi terbaik dan terbaru.
Gelombang Teknologi Baru
glass-phone
Faktor kedua yang membawa perubahan adalah cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Setiap saat penelitian dan percobaan dilakukan demi untuk memunculkan teknologi baru sebagai peningkatan dari teknologi sebelumnya. Semua aktifitas tersebut dilakukan untuk membantu pengguna produk bisa melakukan semua pekerjaan lebih cepat, lebih baik, lebih murah dan lebih mudah. Kecepatan perubahan teknologi tersebut terjadi setiap hari dan tugas pengusaha adalah mengantisipasinya.

Aturan yang berlaku adalah “Teknologi terbaru hari ini, besok sudah ada penggantinya”. Begitu cepatnya perubahan yang terjadi, hingga ibaratnya peralatan teknologi terbaru yang selesai diproduksi sudah akan digantikan oleh produk yang lebih baik, bahkan sebelum akan dikemas dalam kardus untuk diedarkan. Saat ini rata-rata teknologi baru hanya memiliki umur 6 bulan saja sebelum digantikan oleh produk baru yang lebih unggul dari produk sebelumnya. Jadi, apabila anda tidak terus berinovasi membuat produk atau layanan yang selalu lebih baik, maka kompetitor akan bisa mengalahkan anda dalam persaingan.
Hati-hati dengan zona nyaman
Kadang-kadang bahaya terbesar yang bisa mengancam target kesuksesan jangka panjang anda adalah kesuksesan jangka pendek anda sendiri. Kesuksesan yang sudah kita raih akan menina bobokan kita, akan muncul rasa puas diri lalu mulai timbul rasa enggan untuk terus berubah mengikuti perubahan yang terus terjadi. Pada detik itu, anda akan mulai tertinggal dan terlempar dari persaingan. Kesuksesan hanya akan menjadi masa lalu.
Tekanan Persaingan Tak Pernah Berhenti
Elemen ketiga yang mempengaruhi perubahan dan membutuhkan fleksibilitas tinggi adalah kompetisi. Pesaing akan terus ada dan membayangi setiap saat, mereka akan lebih kreatif dari sebelumnya. Mereka selalu mencari cara untuk mengambil alih market anda, berusaha menurunkan penjualan anda, mengurangi aliran cashflow, dan bila mungkin, mematikan keberadaan anda dalam persaingan. Mereka agresif dalam menjual produk atau layanan dengan menggunakan setiap celah dan mencari titik lemah untuk menurunkan eksistensi anda dimata konsumen. Pesaing anda akan agresif dengan menggunakan teknologi dan informasi terbaru untuk membuat anda gagal bersaing dan mereka mendapat keuntungan yang kompetitif. Setiap hari akan muncul perusahaan baru, produk baru, layanan baru dan tenaga pemasaran baru dan itu semua adalah pesaing anda. Kompetisi akan semakin keras dan intensif.  Bila ingin terus berkembang dan bertahan dalam kompetisi bisnis, anda harus bisa lebih fokus dan selalu siap melakukan perubahan. Dan terpenting dari semua itu, anda harus fleksibel dan siap menerima.
by. wartawirausaha.com