Rabu, 04 Juni 2014

PILIH WIND OF CHANGE ATAU COMFORT ZONE


comfort zone
Artikel wirausaha kali ini membahas tentang pentingnya melakukan perubahan dalam dunia usaha dan bahaya berada di zona nyaman anda. Ada tiga faktor yang mempengaruhi perubahan dunia saat ini, ketiga faktor tersebut apabila terjadi pada saat yang bersamaan, maka akan mempercepat laju perubahan yang terjadi.

Faktor pertama adalah ledakan informasi dan pengetahuan disetiap sisi kehidupan. Sekeping saja penemuan baru dalam bidang informasi yang terjadi dalam industri yang penuh persaingan, maka akan segera merubah dinamisnya usaha dalam waktu cepat. Produk atau layanan yang populer dan banyak digunakan diseluruh dunia akan terus berkembang dan dikembangkan menjadi sebuah produk baru, yang sama fungsinya, namun dengan hasil dan kualitas yang lebih cepat, lebih baik, lebih murah dan lebih mudah dari produk sebelumnya.
Contoh perubahan besar yang terjadi, misalnya di tahun 1989, saat Uni Soviet pecah, negara tirai besi runtuh dan era perang dingin berakhir. Industri pertahanan di seluruh Amerika sangat terguncang. Ratusan ribu tenaga kerja terlatih dan berpengalaman dirumahkan dan kehilangan pekerjaan secara permanen. Semua bidang industri terkena imbasnya, meluas ke penjuru dan efeknya dunia menuju ke jurang resesi. Efek dari perubahan ini sangat luar biasa dan tak dapat dihindari. Hanya mereka yang fleksibel saja yang bisa langsung bereaksi dan merespon efek perubahan tersebut. Bagaimana seandainya informasi pecahnya negara Uni Soviet dideteksi sejak dini oleh pelaku dunia industri? Tentu jauh hari sebelumnya mereka akan membuat langkah-langkah antisipatif dengan melakukan perubahan.
Terbukalah pada informasi baru
Untuk menerima perubahan anda harus fleksibel, agar fleksibel, anda harus tetap terbuka, siap menerima ide, informasi dan pengetahuan baru yang dapat membantu atau malah berpeluang mengancam bisnis dan membahayakan tujuan usaha anda. Sebuah ide kecil yang ditemukan di ujung benua lain yang lepas dari pengamatan, mungkin bisa berakibat mematikan masa depan bisnis, misalnya, ditemukan produk baru yang lebih unggul dan semua konsumen beralih kepada produk tersebut, sedangkan anda terlanjur menginvestasikan semua uang kedalam produk yang sudah tak terpakai.
Dengan penemuan sebuah ide kecil yang informasinya berhasil anda tangkap, bisa merupakan langkah awal anda menuju jalan kesuksesan. Dengan satu keping kecil informasi yang didapat, anda dapat segera melakukan perubahan dan menyesuaikan diri dengan arah perkembangan yang sedang terjadi. Pengusaha tanpa dukungan informasi seolah telah menempatkan bisnisnya diujung tanduk.
Semua pemimpin wajib menjadi pendengar dan pembaca yang baik. Sangat penting untuk memahami posisi tersebut dan paham apa saja yang harus dilakukan. Selalu up-to-date dengan berita-berita terbaru, terutama yang berkaitan dengan bisnis anda. Baca majalah, koran, hadiri seminar dan konferensi. Bergabung dalam dalam asosiasi atau komunitas bisnis yang dijalankan dan berinteraksi dengan orang-orang didalamnya untuk sharing dan berbagi informasi dan peluang usaha terbaru. Karena kemajuan selalu berpihak kepada orang yang memiliki informasi terbaik dan terbaru.
Gelombang Teknologi Baru
glass-phone
Faktor kedua yang membawa perubahan adalah cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Setiap saat penelitian dan percobaan dilakukan demi untuk memunculkan teknologi baru sebagai peningkatan dari teknologi sebelumnya. Semua aktifitas tersebut dilakukan untuk membantu pengguna produk bisa melakukan semua pekerjaan lebih cepat, lebih baik, lebih murah dan lebih mudah. Kecepatan perubahan teknologi tersebut terjadi setiap hari dan tugas pengusaha adalah mengantisipasinya.

Aturan yang berlaku adalah “Teknologi terbaru hari ini, besok sudah ada penggantinya”. Begitu cepatnya perubahan yang terjadi, hingga ibaratnya peralatan teknologi terbaru yang selesai diproduksi sudah akan digantikan oleh produk yang lebih baik, bahkan sebelum akan dikemas dalam kardus untuk diedarkan. Saat ini rata-rata teknologi baru hanya memiliki umur 6 bulan saja sebelum digantikan oleh produk baru yang lebih unggul dari produk sebelumnya. Jadi, apabila anda tidak terus berinovasi membuat produk atau layanan yang selalu lebih baik, maka kompetitor akan bisa mengalahkan anda dalam persaingan.
Hati-hati dengan zona nyaman
Kadang-kadang bahaya terbesar yang bisa mengancam target kesuksesan jangka panjang anda adalah kesuksesan jangka pendek anda sendiri. Kesuksesan yang sudah kita raih akan menina bobokan kita, akan muncul rasa puas diri lalu mulai timbul rasa enggan untuk terus berubah mengikuti perubahan yang terus terjadi. Pada detik itu, anda akan mulai tertinggal dan terlempar dari persaingan. Kesuksesan hanya akan menjadi masa lalu.
Tekanan Persaingan Tak Pernah Berhenti
Elemen ketiga yang mempengaruhi perubahan dan membutuhkan fleksibilitas tinggi adalah kompetisi. Pesaing akan terus ada dan membayangi setiap saat, mereka akan lebih kreatif dari sebelumnya. Mereka selalu mencari cara untuk mengambil alih market anda, berusaha menurunkan penjualan anda, mengurangi aliran cashflow, dan bila mungkin, mematikan keberadaan anda dalam persaingan. Mereka agresif dalam menjual produk atau layanan dengan menggunakan setiap celah dan mencari titik lemah untuk menurunkan eksistensi anda dimata konsumen. Pesaing anda akan agresif dengan menggunakan teknologi dan informasi terbaru untuk membuat anda gagal bersaing dan mereka mendapat keuntungan yang kompetitif. Setiap hari akan muncul perusahaan baru, produk baru, layanan baru dan tenaga pemasaran baru dan itu semua adalah pesaing anda. Kompetisi akan semakin keras dan intensif.  Bila ingin terus berkembang dan bertahan dalam kompetisi bisnis, anda harus bisa lebih fokus dan selalu siap melakukan perubahan. Dan terpenting dari semua itu, anda harus fleksibel dan siap menerima.
by. wartawirausaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar